celotehanku

..dari peri gigi dengan cinta...

Menggertak habis Bruxism

Seringkali merasa pegal-pegal di rahang saat bangun tidur? Tanpa di sadari tiba-tiba terasa gigi semakin memendek? Atau banyak permukaan kunyah gigi yang aus? Hmm, jangan-jangan itu bruxism…
Apa sih bruxism itu?


Bahasa inggrisnya sih, bruxism itu 'where a person holds the teeth firmly together with significant force' atau suatu kebiasaan seseorang untuk menekan-nekan gigi secara bersamaan dengan kekuatan yang lebih besar dari seharusnya, lebih singkatnya sih teeth grinding, clenching, atau menggertakkan gigi.



.::Bruxims dan dampaknya::.


Pada orang tertentu, menggertakkan gigi ini seringkali sudah menjadi kebiasaan yang bisa disadari maupun tidak disadari, bisa pada aktivitas sehari-hari, atau pada saat tidur. Bahkan seringkali kegiatan menggertak-gertakkan gigi pada saat tidur mirip sekali kegiatan menguyah-ngunyah. Dan pemilik hobi mengunyah-ngunyah gigi di saat tidur ini tentu saja tidak menyadari memiliki hobi tersebut. Biasanya sih baru ketahuan kalau sudah ada keluhan atau komplain dari teman tidur.

Kebiasaan ini tentu memiliki dampak pada gigi, karena gigi digunakan lebih berat dari seharusnya. Seperti pisau yang diasah terus menerus selain semakin tajam, tapi semakin lama akan semakin habis terkikis. Begitu pun dengan gigi, karena digunakan sengan tenaga yang berlebihan, maka semakin lama akan semakin aus, semakin memendek bahkan patah. Otot dan sendi rahang jadi pegal-pegal bahkan sakit, gusi jadi terganggu, linu-linu bahkan sampai menyebabkan gigi goyang.


.::Nightguard::.


Tapi, jangan putus asa dulu, efek negatif dari gejala ini bisa dihindari dengan menggunakan sebuah alat yang disebut nightguard. Nightguard adalah sebuah alat lepasan yang menyerupai cetakan negatif permukaan gigi gigi pemakai yang terbuat dari semacam bahan plastis atau akrilik dan digunakan pada salah satu rahang, rahang atas atau bawah.


Nightguard untuk rahang atas sedang dipakai


Alat ini bisa digunakan pada saat tidur, bagi yang mengalami bruxism di saat tidur. Dan bisa digunakan sepanjang hari bagi yang mengalami bruxism pada saat beraktivitas kesehariannya, dan bisa dilepas pada saat makan. Alat tersebut didesain untuk menghilang kebiasaan menggertakkan gigi sedikit demi sedikit sampai kebiasaan tersebut hilang, dan penderita bebas dari bruxism. Lama pemakaian bisa berbeda-beda sesuai dengan kasus per individu.

Punya kebiasaan menggertakkan gigi? cepat-cepat diatasi yaa...


*peri gigi mode off*

Label:

2 celotehan untuk “Menggertak habis Bruxism”

  1. # Anonymous Anonim

    Jadi, alatnya dibagi gratis kan, Bu Peri yang baik? :D  

  2. # Blogger GIES

    gratiiss gratiiss kok;) khan tinggal kopi paste aja, hihihi  

Posting Komentar


    << Homepage





image from bibi1004.com



a r s i p






c e l o t e h a n m u




s e a r c h





s t i c k y b a n&trade

nostalgia
peri gigi mode on aku cinta obot dan abit
shopaholics
ai loph cats!^^
www.kao-ani.com
i hate bad news



b a n n e r i s m e





Indonesian Bayut Bloggerhood
eXTReMe Tracker



its a rainy day


C U A P - C U A P


thankyou!





"in LIFE, be SIMPLY happy"


| c r e d i t s |

Powered by Blogger& K2 Blogger Templates| edited by giestha | images & emoticons provided by kao-ani.com & hungryforpixel.com & bibi1004.com| 2007 © celotehanku di blogspot

This blog is solely mine. It contains MY photos, thoughts, hopes, dreams, secrets, and fears.


KampungBlog.com-Kumpulan Blog-Blog Indonesia blog-indonesia Google PR™ - Post your Page Rank with MyGooglePageRank.com